Lapisan-lapisan Kulit

Lapisan-lapisan Kulit

lapisan kulit

Cream Zalfa – Kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki peran signifikan dalam melindungi tubuh dari paparan benda-benda asing di luar tubuh. Keberadaan kulit memberikan dampak yang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Kulit memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai indera peraba, penyeimbang suhu tubuh, pelindung tubuh, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Beragamnya fungsi kulit menjadikan kulit sebagai organ tubuh penting bagi manusia. Diperlukan perawatan rutin dan khusus untuk dapat menjaga kondisi kulit agar dapat berfungsi secara optimal. Namun, untuk dapat memberikan perawatan yang tepat bagi kulit, ada baiknya kita mengenal kulit lebih mendalam yang terdiri dari lapisan-lapisan. Berikut adalah penjelasan singkatnya.
Epidermis (Kulit Ari)

Merupakan lapisan kulit paling luar dimana kosmetik digunakan di lapisan ini. Lapisan ini langsung berhubungan dengan dunia luar, Namun secara keseluruhan, di lapisan epidermis inilah sel-sel mati akan dilepaskan dan digantikan dengan sel-sel yang baru. Selain itu lapisan epidermis juga melindungi gesekan dari luar. Dan di lapisan ini terdapat pigmen melanin yang menentukan warna kulit seseorang, serta melindungi jaringan kulit dari bahaya sinar ultra violet.
Dermis

Memiliki ketebalan 4x lipat dari lapisan epidermis. Tersusun dari jaringan penghubung dan penyokong lapisan epidermis dan mengikatkannya pada lapisan dalam hipodermis. Di dalam lapisan dermis terdapat pembuluh darah, jaringan otot, kelenjar keringat, rambut, folikel rambut, kelenjar minyak dan serabut syaraf.

Dalam dermis inilah terdapat serat kolagen dan elastin. Serat kolagen dan elastin menjaga kulit tetap kencang, elastis dan padat. Serat kolagen adalah molekul protein yang kuat membentuk penunjang agar kulit memiliki kekuatan. Serat elastin membentuk anyaman atau jalinan yang membuat kulit elastis dan padat. Dua tipe molekul ini dapat dilemahkan oleh proses penuaan seperti glikosilasi dan oksidasi.

(kerusakan kulit akibat pajanan sinar matahari terutama sinar UV) adalah penyebab utama kerusakan serat kolagen dan elastin. Dengan kata lain, lapisan dermis bertanggung jawab terhadap sifat elastisitas, dan kehalusan kulit. Berfungsi mensuplai makanan untuk lapisan epidermis, dan sebagai fondasi bagi kolagen serta serat elastin.

Hipodermis

Dalam lapisan hipodermis terdapat jaringan subcutis. Lapisan hipodermis/subcutis berfungsi untuk menyekat panas, perlindungan fisik dari luar, dan penumpukkan energi.  Lapisan-lapisan Kulit

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s